Honda New Brio Satya dan Brio RS Sepesifikasi Lengkap 2018

Honda Brio 2018 Palembang, Review, Spesifikasi & Gambar Terbaru – Mobil LCGC selalu diminati konsumen Indonesia. Harga yang murah menjadi alasan utamanya. Terlebih banyak sekali mobil LCGC yang menawarkan fitur berkelas yang bisa memanjakan penumpang dan pengendaranya. Nah salah satu mobil LCGC terbaik adalah “HONDA BRIO”. Mobil ini dipasarkan dalam beberapa tipe berbeda, yakni Brio Satya S, Brio Satya E, dan Brio S. Honda juga menyediakan varian matic dengan transmisi CVT serta varian manual yang dibanderol lebih murah dibandingkan harga mobil Brio matic.

Tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk mendapatkan mobil murah ini. Harganya mulai 130 Jutaan sampai 182 Jutaan untuk tipe tertinggi. Tidak semuanya masih kategori sebagai mobil LCGC, karena harga Honda Brio RS dibanderol lebih mahal dibandingkan Brio Satya. Alhasil fitur Brio RS lebih lengkap dan memiliki desian lebih sporty dibandingkan Brio Satya. Walaupun harga dan fiturnya berbeda, namun mesin semua tipe Honda Brio sama, yakni mengusung mesin i-VTEC 1.2 Liter.

Interior & Eksterior Honda Brio 2018

Dimensi 3.640 x 1.680 x 1.485 mm
Jarak Pijak Depan
  • 1.475 mm (Brio RS)
  • 1.480 mm (Brio Satya)
Jarak Pijak Belakang
  • 1.460 mm (Brio RS)
  • 1.465 mm (Brio Satya)
Jarak Sumbu Roda 2.345 mm
Kapasitas Tangki 35 Liter

Honda Brio menawarkan desian penuh gaya yang dilengkapi bumper dan grille baru yang menyatu dengan lampu utama. Mobil ini juga mengadopsi teknologi Heat Rejecting Green Tinted Glass yang membuat kaca mobil mampu mengurangi sinar UV dari matahari. Kemudian untuk bagian belakang memiliki desain Rear Combi Lamp yang modern. Sayangnya lampu Brio Satya belum menggunakan teknologi LED. Alhasil masbro harus membeli Honda Brio RS apabila ingin mendapatkan pencahayaan lebih terang di malam hari.

Ukuran velg Brio RS dan Brio Satya juga berbeda. Apabila Brio RS memakai velg allow wheel 15″, maka Brio Satya berukuran 14″. Wajar apabila berbeda, karena harga Honda Brio RS lebih mahal dibandingkan Brio Satya. Keduanya juga dilengkapi Tailgate Spoiler yang menambah kesan sporty pada tampilan luar Honda Brio. Selain itu, Honda melengkapi mobil ini dengan lampu kabut atau fog lamp. Sayangnya fitur ini tidak dimiliki Brio Satya S yang notabennya merupakan tipe termurah.

Spion Honda Brio RS juga bisa dilipat secara otomatis dan dilengkapi LED Turning Signal. Kelebihan lain dari Brio RS adalah dilengkapi sistem audio dan video modern yang menggunakan layar sentuh berukuran 6.2 inci. Kualitas audionya juga baik, karena dilengkapi sepasang Tweeter Speakers dan Audio Steering Switch. Alhasil kita bisa mengantur audio dengan mudah tanpa perlu melepaskan tangan dari setir. Selain itu, Brio RS memiliki dashboard modern dan desain jok keren serta nyaman untuk perjalanan dekat ataupun jarak jauh.

Performa Mesin Honda Brio 2018

Tipe Mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Kapasitas 1.199 cc
Diameter x Langkah 73,0 x 71,6 mm
Perbandingan Kompresi 10,1 : 1
Daya Maksimum 90 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum
110 Nm /4.800 rpm
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection (PGM-FI)
Sistem Transmisi 5 Speed Manual / CVT

Walaupun dari luar terlihat kecil, namun ruang kabin kabinnya sangat luas dan didukung A/C Digital yang membuat kita betah berlama-lama di dalam mobil ini. Semua kenyamanan tersebut bisa masbro dapatkan apabila membeli Honda Brio RS ataupun Brio Satya. Terlebih mobil ini menawarkan mesin 1.2 Liter i-VTEC yang memiliki tenaga maksimum sebesar 90 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm. Tidak perlu takut boros bensin, karena mesinnya hemat bahan bakar.

Agar performa mesin semakin optimal, maka Honda melengkapinya dengan sistem elektronik Drive By Wire yang berguna untuk mengontrol buka tutup throttle valve, sehingga kemampuan akselerasinya semakin optimal namun tetap hemat bahan bakar. Mesin yang dimilikinya juga dioptimalkan oleh sistem pembakaran PGM-FI, sehingga semakin irit bahan bakar. Nah untuk menampung bahan bakar, Honda menyediakan tangki berkapasitas 35 Liter. Honda Brio juga menjadi mobil LCGC pertama di Indonesia yang mengusung sistem transmisi CVT.

Bukan transmisi CVT standar, karena dilengkapi Earth Dream Technology yang membuat perpindahan transmisi lebih halus, dan performa mesin lebih maksimal. Teknologi tersebut juga membuat Honda Brio semakin hemat bahan bakar. Tidak lupa ECO Indicator disempatkan pada bagian panel meter, sehingga kita bisa berkendara hemat secara real time. Mobil telah lulus uji standar Euro 2 oleh pemerintah Indonesia dan telah memenuhi syarat untuk lulus uji emisi Euro 4, sehingga dijamin ramah lingkungan.

Fitur Pengereman dan Kaki-Kaki

Rangka Body G-CON + ACE™
Suspensi Depan H-Shape Torsion Beam
Suspensi Belakang 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman ABS + EBD
Sistem Keselamatan
  • Dual Front SRS Airbags
  • Side Impact Beam
  • Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
  • Driver Seatbelt Reminder
Sistem Keamanan
  • Immobilizer
  • Wave Key
  • Keyless Entry
Ukuran Ban
  • 185/55 R15 (Brio RS)
  • 175/65 R14 (Brio Satya)

Kemudian untuk bagian kaki-kaki, Honda Brio memakai suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam yang telah disempurnakan, sehingga memberikan kenyamanan dan kestabilan ekstra saat masbro mengendarainya. Kemudian untuk bagian pengereman, Honda Brio memakai rem belakang tromol dan rem depan cakram. Tersedia teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) yang bisa mencegah penguncian roda saat mengerem mendadak. Selain itu, tersedia pula teknologi EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang berguna untuk mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan bobot kendaraan.

Sistem pengereman ABS dan EBD bisa masbro dapatkan apabila membeli Honda Brio Satya tipe E CVT dan Brio RS. Untuk tipe E belum memiliki sistem pengereman canggih tersebut, sehingga harga Honda Brio 2018 tersebut bisa lebih terjangkau. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi sistem Dual Front SRS Airbag yang bisa melindungi pengemudi saat terjadi benturan. Lalu ada pula sabuk pengamanan Pretensioner dengan Load Limiter Seatbelt. Kemudian untuk sistem keamannya dilengkapi Alarm System dan Immobilzer.

 

Posted in City Car & Hatchback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *